Minggu, 01 Desember 2019

Hakikat Media Selembar


 Pengertian Media Selembar
          Media selembar atau lebih sering dikenal sebagai newsletter termasuk dalam media massa. Newsletter atau majalah perusahaan/ bulletin merupakan sarana bagi perusahaan atau organisasi untuk menyampaikan informasi dari manajemen organisasi atau perushaan kepada anggota organisasi atau kepada konsumen.
Rumanti (2004:119) menyebutkan bahwa newsletter, adalah sebuah tipe in house jurnal yang berisikan inti sari berita berita (berita yang singkat) ukurannya bisa sama dengan majalah pada umumnya hanya jumlah halamannya yang lebih sedikit. Sedangkan menurut Ruslan (2010:196) menyebutkan bahwa demi newsletter merupakan media informasi atau siaran berita yang singkat, ditujukan kepada pembaca yang sibuk atau tidak memilik waktu yang banyak untuk membaca berita terlalu panjang dan terperinci.
Menurut Kriyanto (2008:162) menjelaskan newsletter merupakan in house journal yakni terbitan berkala yang diperuntukan untuk kalangan sendiri, berdasarkan teori diatas maka Penulis memahami bahwa newsletter adalah media internal perusahaan yang berisikan tentang informasi dan aktifitas yang dilakukan karyawan atau perusahaan dan jumlah halamannya lebih sedikit di bandingkan dengan majalah.
Berdasarkan pendapat para ahli di atas,  dapat disimpulkan bahwa media selembar (newsletter) adalah sebuah media cetak yang berisi tentang berita-berita singkat dengan jumlah halamannya lebih sedikit atau selembar.


             


Share:

0 komentar:

Posting Komentar