Sabtu, 30 November 2019

Syarat-Syarat Tajuk Rencana


Syarat-syarat Tajuk Rencana
Agar tujuan, ciri-ciri, dan struktur tajuk rencana dapat tersampaikan dengan baik, ada beberapa sifat tulisan ini yang harus diperhatikan sebagai syarat. Berikut ini adalah beberapa syarat yang mutlak harus dimiliki:
a.       Bahasa Semi Formal
Tulisan ini biasa didapati di surat kabar sehingga tidak dapat digolongkan menjadi tulisan yang ilmiah. Karena hal ini, bahasa yang digunakan tidak baku dan formal. Bahasa yang digunakan harus biasa dengan kehidupan sehari-hari, namun dengan ejaan dan kaidah yang baik dan benar.
          b.      Isi singkat dan padat
Tajuk rencana bersifat memberikan informasi dan pandangan terkini mengenai topik hangat di masyarakat. Ketika menulisnya, pastikan isu yang dipilih merupakan persoalan yang memang ramai diperbincangkan dan berdampak besar bagi kehidupan masyarakat.
         c.       Bersifat Fungsional
Tulisan yang dibuat bukan hanya untuk memaparkan masalah, namun juga mengemukakan gagasan penyelesaian persoalan. Pastikan saran solusi tersebut masuk agar tajuk rencana yang dituliskan bersifat fungsional dan dapat membantu masalah yang sedang dihadapi masyarakat.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar