Senin, 09 Desember 2019

Artikel Opini


Peran Instagram Sebagai Media Marketing Online
Zita Aprilia Wahyu Pratiwi
171224011
                Salah satu sosial media yang sudah pasti sebagian besar orang sudah mengetahui atau bahkan menggunakannya. Namanya adalah Instagram, aplikasi ini memang tergolong  media sosial yang sangat populer daun dan mulai menandingi aplikasi lainnya seperti Facebook, Twitter, BBM dan masih banyak lagi. Kepopuleran yang diraih oleh Instagram dikarenakan penggunaannya yang mudah, elegan dan tentu saja digemari oleh banyak kawula muda di seluruh dunia.  Instagram merupakan suatu aplikasi sosial media yang berbasis Android, IOS dan bahkan yang terbaru saat ini juga bisa dijalankan di komputer atau PC anda. Pada Instagram ini anda dapat mencari banyak teman dengan menggunakan istilah Follow dan Follower atau Mengikuti dan Pengikut. Dengan banyaknya Follower maka menandakan akun anda sudah memiliki banyak teman. Interaksi bisa dilakukan dengan kegiatan like atau saling komen pada postingan anda ataupun teman anda. Bisa juga dilakukan dengan menggunakan perpesanan atau Direct Message dan yang paling popular saat ini yakni InstaStory yang berupa aktivitas membagikan video secara live atau langsung. Banyaknya pengguna instagram hal ini dimanfaatkan orang-orang untuk berjualan produk dengan aplikasi instagram. 
Peran Paid Promote Dalam Instagram
                Perkembangan komunikasi telah mempengaruhi perkembangan ekonomi. Transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan secara langsung maupun tidak langsung (telepon) menjadi sesuatu yang sangat konservatif dengan adanya media komunikasi seperti media massa, yaitu media elektronik dan media cetak. Tren yang sedang muncul pada saat ini seiring perkembangan bidang teknologi dan informasi adalah maraknya pemasaran secara elektronik (electronic marketing). Melalui internet, perusahaan dapat membangun sebuah media dalam menyediakan layanan informasi, promosi dan fungsi penjualan. Media merupakan sarana yang memudahkan penyebaran informasi. Perusahaan besar maupun menengah pada praktiknya memanfaatkan sebagian besar media sebagai entitas bisnis dan menjadikan sebagai satu alat untuk berkompetisi. Media menjadi elemen penting dalam penciptaan komunikasi pemasaran modern. Para online shop juga menggunakan instagram untuk memanfaatkan media dalam bersaing. Para online shop menggunakan online advertising paid promote sebagai media promosi.
Istilah paid promote sekarang sering terdengar oleh khalayak umum karena semakin populernya media sosial Intagram. Zaman sekarang banyak media yang digunakan untuk media lading uang. Pada ini tidak hanya selebgram saja jika merasa kurang percaya diri memamerkan banyak foto selfie. Membuka toko online di Instagram juga bisa menjadi salah satu yang perlu dicoba. Media sosial yang satu ini sekarang tentu banyak penggunannya , media ini tidak hanya digunakan untuk bersosialisasi saja , namun tak sedikit para pelaku bisnis online yang memanfatkannya untuk mencari pundi-pundi rupiah dengan media ini. Jasa paid promote merupakan layanan jasa promosi berbayar. Instagram merupakan salah satu social media yang memiliki pengaruh besar dan penting dalam suatu bisnis.
Sampai saat ini, Instagram sudah memiliki 700 juta pengguna dan setiap harinya sekitar 60 juta foto dibagikan dan dapat memberikan 1,6 milyar likes. Instagram merupakan aplikasi yang paling popular yang gunanya untuk berbagi foto dan video. Ini menjadi salah satu alasan mengapa Instagram memiliki berbagai manfaat untuk para pebisnis guna membangun dan mengembangkan brand suatu bisnis. Maka dari sini ada penyediaan jasa paid promote. Penyediaan jasa paid promote ini biasanya adalah akun-akun Instagram yang memiliki jumlah pengikut yang banyak, entah itu dari kalangan arti (publik figur) atau selebgram.
Sementara ini penggunaan jasa paid promote adalah para pemilik bisnis atau brand atau dari kalangan online shop yang menginginkan produknya untuk dipromosikan. Tentunya penyedia jasa paid promote harus memiliki jumlah followers (pengikut) yang banyak, dengan adanya pengikut yang banyak produk yang dipromosikan bisa menjangkau pemasaran yang lebih luas. Tentunya ada biaya untuk paid promote dalam instagra. Dari saya yang ketahui biaya paid promot ini tergantung pada berapa banyaknya jumlah followers (pengikut) dan insight yang dimiliki, semakin banyak follower (pengikut) dan insight semakin banyak juga harga / biaya dari paid promote. Dari ini kita dapat mengetahui peran paid promote dalam media marketing onlinde. Dengan adanya paid promote kita dapat melakukan bisnis kecil-kecilan yang bisa menjadi suatu bisnis yang besar. Dari paid promote juga dapat membuat kita belajar untuk caranya berbisnis.
Jasa paid promotye sangat menguntungkan untuk para penggunanya. Pengguna Instagram yang cukup populer dan memiliki follower dalam jumlah yang besar umumnya memanfaatkannya untuk menerima jasa paid promote, yakni mempromosikan bisnis atau barang kliennya kepada para follower (pengikut). Sudah diketahui jika jumlah followers banyak maka semakin banyak juga harga yang di anggarkan. Menurut pengalaman saya dalam paid promote, harga paid promote dari sekitar Rp10.000 sampai jutaan tergantung banyaknya followrs dan insight, biasanya harga itu sekali post atau mungkin ada ketentuan lain. Paid promote memiliki prosedur dalam memakai jasa paid promote yaitu dengan mencari penyedia jasa seperti selebgram atau managernya langsung bertanya pda instagram yang dituju. Selanjutnya penyedia jasa akan memberikan ketentuan mengenai syarat-syarat dalam penggunaan jasa tersebut.


Minat Beli Pada Jual Beli Online Dalam Media Massa Instagram
                Perkembangan media sosial berdampak pada cara berkomunikasi organisasi. Munculnya web 2.0 memungkinkan orang membangun hubungan bisnis dan sosial serta berbagi informasi. Pemasaran melalui media sosial biasanya berpusat pada upaya membuat konten yang menarik perhatian dan mendorong pembaca untuk berbagi dengan jaringan sosial mereka. media sosial menjadi platform yang mudah diakses oleh siapapun, maka peluang perusahaan untuk meningkatkan kesadaran merek mereka dan memfasilitasi percakapan dengan pelanggan. Banyak orang yang menfaatkan media elektronik menjadi salah satu media komunikasi. Salah satu pemanfaatannya antara lain pada bidang promosi penjualan (marketing promotion).
                Banyaknya pilihan media promosi saat ini membuat persaingan usaha semakin ketat. Hal ini dimanfaatkan oleh pengusaha baru (newcomer) untuk mempromosikan produk atau jualan mereka diantaranya dengan memanfaatkan socialnetwork. Intagram merupakan salah satu aplikasi yang sekarang orang-orang pasti menggunakannya. Tidak hanya untuk berkomunikasi dengan seseorang namun juga bisa menjadi media pemasaran online. Sekarang sudah banyak para pembisnis atau online shop yang menggunakan instagram sebagai suatu alat untuk menjual barang-barang.
                Pada tahun ini kemajuan teknologi sudah sangat pesat, kita mudah berkomunikasi dengan orang walaupun berbeda pulau dan juga berbeda negara. Dari kemajuan teknologi ini juga dimanfaatkan berbagai orang sebagai lahan bisnis. Pada era ini juga pasti semua orang menggunakan internet terutama aplikasi instagram. Banyak orang meenggunakan instagram untuk mengsharingkan pengealamna, keseharian, bisnis online, dan masih banyak lagi. Kebanyakan orang saat ini lebih melihat-lihat barang yang diingkannya melalui instagram mungkin sebagian orang-orang berfikir bahwa barang yang djual di Instagram lebih eksklusif dan lebih up to date.
                Sebagian anak-anak milenial beranggapan bahwa produk-produk pakaian yang dijual di Instagram tergolong kepada produk keluaran terbaru terbukti saat ini sebagian remaja sudah mulai beralih bertransaksi atau melihat-lihat pakaian di Instagram karena ada beberapa faktor yang membuat para remaja kini lebih condong memilih instagram sebagai sarana berbelanja online nya. Teknik promosi penjualan pakaian di instagram bertujuan untuk meninjau sejauh mana para followers memberikan perhatian dalam membeli produk online shop di Instagram (attention), menarik perhatian dan menumbuhkan minat beli para followers di Instagram yang menjadi sasaran promosi penjualan (interest), menumbuhkan keinginan konsumen untuk membeli pakaian di Instagram (desire), dan mengukur keberhasilan promosi penjualan dari banyaknya konsumen yang telah membeli pakaian di Instagram (action).
                Minat membeli merupakan rasa ketertarikan yang dialami oleh konsumen terhadap suatu produk (barang atau jasa) yang dipengaruhi oleh sikap di luar konsumen dan di dalam konsumen itu sendiri. Jika diulas mengenai timbulnya suatu minat, dapat juga dipahami bahwa minat beli merupakan pertemuan antara stimulus (pemasaran) dan respon konsumen. Ketika sebuah stimulus bisa memberikan daya tarik pada konsumen, maka akan tercipta sebuah respon positif. Seberapa kuat minat beli sangat tergantung pada kuat lemahnya sebuah stimulus dalam memberikan daya tarik pada konsumen yang berimplikasi pada sebuah keputusan pembelian.
                Jadi dapat disimpulkan bahwa, minat beli adalah suatu hasrat atau keinginan pembeli yang muncul dalam pribadi seseorang untuk membeli beberapa jumlah atau unit-unit produk atau merek tertentu, dalam periode waktu tertentu pula, di mana rencana tersebut terbentuk melalui proses keputusan atau pemilihan. Dari keterangan di atas, dapat disimpulkan bahwa teknik promosi penjualan di media instagram seperti kupon, paket harga, premium, program frekuensi, hadiah, imbalan berlangganan, garansi produk dan promosi silang diharapkan mampu memberikan pengaruh terhadap minat beli mahasiswa dari segi attention, interest, desire dan action.



Kelebihan dan Kekurangan Instagram Sebagai Media Marketing Online
                Pada era modern saat ini tentu membawa banyak perubahan di berbagagi aspek kehidupan, seperti gaya hidup yang mulai berubah. Masyarakat tradisional mlai beralih menjadi masyarakat modern. Cara-cara hidup yang praktis lebih dipilih oleh sebgian besar masyarakat pada era modern saat ini. Perkembangan teknologi terutama teknologi informasi menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi gaya hidup masyarakat. Bagi seorang pembisnis, memperomosikan produk merupakan bagian terpenting dalam kegiatan bisnis. Pebisnis biasa mempromosikan produk hanya di toko atau media konvensional. Namun sekarang promosi dapat dilakukan melalui beberapa media, slah satunya adalah media sosial.
                Media sosial merupakan alat promosi yang sangat digemari oleh para pebisnis karena lebih cepat dan jangkauaanya lebih luas. Dalam hal ini kami membahas tentang Instagram sebagai media promosi yang efektif dalam memikat konsumen. Instagram merupakan sebuah aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial. Instagram menjadikan para pebisnis memandag hal tersebut sebagai peluang bisnis yang cukup menjanjikan dan tentunya dengan fitur-fituryang tersedia oleh instagram yang menjadikan media promosi yang lebih mudah untuk dilakukan.
                Instagram sebagai salah satu media sosial yang diminati anak muda zaman sekarang memang memudahkan pengikutnya untuk mengetahui update terbaru dari akun-akun instagram tertentu yang diikutinya. Berjualan secara online tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Menggunakan instagram sebagai media promosi tentunya juga ada kelebihan serta kekurangannya sendiri. Kita tahu bahwa seseorang menjual barang secara online maka calon pembeli tidak dapat menyentuh merasakan atau melihat barang secara langsung. Bahkan calon pembeli sebelumnya tidak mengetahui bagaimana kualitas barang online apabila belum menjadi langganan alias masih dianggap sebagai calon pembeli pemula.
                Pemilik online shop yang membut akun instagram untuk mempromosikan barang dagangannya biasanya lebih mudah menawarkan produknya kepada calon pembeli karena biasanya sasaran pertama pembeli adalah orang yng dekat dengannya. Secara tidak langsung proses promosi menggunakan instagram termasuk dalam lingkup komunikasi pemasaan. Menjadi kelebihan tersendiri saat pemasaan produk menggunakan instagram karena pengguna instagram sudah dapat dipastikan merupakan pengguna yang kaya akan teknologi. Hal ini berarti bahwa mereka yang aktif di instagram tentu aktif pula di media sosial lainnya. Selain memberikan banyak peluang untuk bisnis ini, tentu memiliki beberapa risiko yang akan diahadapi oleh pemilik online shop yang melakukkan promosinya yang melalui instagram.
                Bila pemilik online shop kurang inovatif dalam mempromosikan produknya tentu ia akan tertinggal atau bahkan produknya sama sekali tidak akan ditengok oleh calon pembeli. Pada saat mempromosikan barang dagangan dengan foto yang di unggah di instagram para pemilik online shop perlu memperhatikan kelengkapan informasi yang ada dalam foto tersebut. Karena aman sekarang modus penipuan dalam online shop angat banyak, ada banyak akun-akun palsu yang menjual barang yang tidak diinginkan. Seperti salah sau contoh yang saya ketahui adalah seorang teman saya yang membeli handphone dengan merek yang sanat terkenal tetapi barang itu tidak kunjung datang. Jadi kita harus pintar untuk memilih online shop mana yang terpacar untuk kita beli.
                Jadi, pemanfaatan media sosial instagram akun sebagai promosi dalam meningkatkan penjualan. pemanfaatkan fitur yang ada di dalam Instagram, mengenali sifat konsumen untuk pemilihan media promosi yang tepat. media sosial sekarang tidak hanya menjadi media komunikasi saja tetapi bisa juga menjadi media bisnis bagi usaha rumahan kecil-kecilan dan mampu meraut keuntungan yang banyak dalam memanfaatkan media sosial instagram. melalui promosi di instagram, pemasaran produk melalui instagram merupakan cara yang efektif dan efisien dalam meningkatkan penjualannya dan prosesnya tidak begitu lama, juga tidak ada biaya. Hanya mengupload foto saja dan membuat caption agar menarik perhatian konsumennya. Hal ini juga dapat meningkatkan pendapatan dari penjualan sebuah produk melalui media sosial Instagram.

Share:

1 komentar: