Jumat, 15 November 2019

Pengertian Opini


              Opini adalah tulisan lepas yang dibuat seseorang lazimnya bukan orang yang berada dalam redaksi media yang bersangkutan untuk mengupas masalah aktual dan atau masalah kontroversial tertentu (Kuncoro, 2009). Artinya ada dua macam hal yang sangat perlu digarisbawahi dalam sebuah opini, yakni masalah aktual dan masalah kontroversial. Opini yang mengabaikan prinsip itu, hampir dipastikan gagal muat.
            Menurut Sunarjo (1997:85) opini dianggap sebagai jawaban lisan individu yang memberi respon atau tanggapan terhadap suatu situasi atau keadaan yang pada umumnya diajukan suatu pertanyaan. Kemudian menurut William Albig dalam Abdurrachman (1993:53) opini itu adalah suatu pernyataan mengenai sesuatu yang sifatnya bertentangan atau sedikitnya terdapat pandangan yang berlainan mengenai suatu hal.
            Jadi dapat disimpulkan bahwa opini merupakan tulisan dan tuturan yang dibuat seseorang untuk memberi respon atau tanggapan mengenai suatu hal. Suatu hal disini dimaksudkan adalah sesuatu yang sedang dibahasa atau dibicarakan mengenai persoalan-perosalan tertentu.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar