Selasa, 19 November 2019

Jenis Iklan Umum Berdasarkan Media Yang Digunakan

Jenis-jenis Iklan Secara Umum
Secara UMUM, jenis iklan berdasarkan media yang digunakan dapat bagi menjadi dua kategori besar, yaitu iklan dalam media memiliki ciri-ciri antara lain : 

1) Informasi yang disebarkan bersifat serempak
2) Penerima pesan cenderung anonim atau tidak diketahui secara pasti.
3) Dapat menjangkau khalayak secara luas.

Secara teoritik menurut Bittner ( 1986 ), ada 2 jenis iklan yaitu iklan standar dan iklan layanan masayrakat. Yang dimaksud dengan iklan standar adalah iklan yang ditata secara khusus untuk keperluan memperkenalkan barang, jasa, pelayanan untuk konsumen melalui media periklanan. Tujuan dari iklan yaitu agar penjual mendapat keuntungan ekonomi dari pembeli. Umumnya iklan ini dibuat oleh perusahan periklanan secara profesional. Dari pesan-pesan dalam iklan standar disusun secara mantap baik dalam kalimat, warna, gambar atau pemasangan yang tepat agar mampu menjangkau jenis khalayak sasaran tertentu sampai dengan menyebarkannya pada waktu yang sesuai.
Kategori kedua menurut Bittner ( 1986) adalah iklan layanan masyarakt, yaitu iklan yang bersifat non-profit. Disebut non-profit karena mencari keuntungan sosial bukan ekonomi. Keuntungan yang diharapkan dari iklan layanan masyarakat adalah berusaha  membentuk citra baik di tengah masyrakat. Jadi yang membedakan iklan standar dan iklan layanan masayrakat adalah terletak pada  pada tujuan keuntungan yang ingin diharapkan. berikut pembagian iklan secara umum:
a)      Iklan Tanggung Jawab Sosial
Yaitu iklan yang bertujuan untuk menyebarkan pesan yang bersifat informatif, penerangan, pendidikan agar membentuk sikap warga sehingga mereka bertanggungjawab terhadap masalah sosial dan kemasyarakatan tertentu. Iklan ini termasuk iklan anjuran dan iklan penggambaran sosial, yang dimaksudkan adalah iklan yang pesan-pesannya telah jelas menganjurkan secara tegas kepada masyarkat tentang suatu tindakan tertentu. Iklan penggambaran sosial adalah iklan yang pesan-pesannya memberikan gambaran tertentu. Contoh iklan anjuran ada iklan lalu lintas, membayar listrik, posyandu imunisasi, peduli anak jalanan. Sedangkan contoh iklan pengambaran sosial yaitu kelangkaan energi akibat pemakaian energi yang boros, lingkungan yang rusak akibat menebang pohon.


a)      Iklan Bantahan
Iklan bantahan adalah iklan yang digunakan untuk membantah atau melawan atas sesuatu isu yang merugikan dan memperbaiki citra seseorang, perusahaan atau merek yang tercemar akibat informasi yang tidak benar. Iklan bantahan sering berkaitan dengan masalah hukum, baik pidana maupun perdata. Oleh karena itu, iklan ini biasanya dilakukan oleh pihak yang sedang bersengketa di pengadilan. iklan ini memiliki ciri khas yaitu menempatkan komunikator sebagai pihak yang teranaiya atau dirugikan oleh pihak lain.


a)      Iklan Pembelaan

Iklan ini sebenarnya hampir sama dengan iklan bantahan. Bila iklan bantahan si pengiklan berada pada posisi membantah, maka dalam iklan pembelaan, komunikator justru berada dalam posisi membela komunikator. Iklan ini merupakan lawan dari iklan bantahan. Tujuannya yang dikehendaki dari iklan ini adalah memperoleh simpati dari khalayak bahwa perusahaan berada dalam posisi yang benar. Iklan ini sering dilakukan oleh pengacara atau biro hukum yang membela klien. 


a)      Iklan perbaikan
Yaitu iklan untuk memperbaiki pesan-pesan tentang sesuatu hal yang terlanjur salah dan disebarluaskan melalui media. Iklan ini biasa dilakukan oleh media untuk meralat kesalahan tulis serta dilakukan oleh panitia atau organisasi penyelenggara kegiatan yang terlanjur mengumumkan berbagai hal tentang acara tersebut. Iklan ini memiliki sisi negatif dengan menyampaikan iklan perbaikan, terkesan bahwa pengiklanan tidak cermat dalam perencanaan tentang sesuatu. Selain itu khalayak yang tidak memberikan perhatian terhadap sesuatu hal yang diiklankan, akan menjadi tergugah perhatiannya pada masalah yang diiklankan. Kemungkinan khalayak justru akan berupaya mencari tahu tentang informasi awal yang salah. Agar publik tifak bertanya-tanya dengan informasi awal yang salah.


a)      Iklan Keluarga
Iklan ini adalah iklan dimana isi pesan-pesannya merupakan sebuah pemberitahuan dari pengiklanan tentang terjadinya suatu peristiwa kekeluargaan kepada keluarga/khalayak lainnya. Iklan keluarga biasanya lebih banyak berbentuk kolom dan display, dan umumnya pula tidak banyak berisi ilustri gambar, namun hanya menggandalkan pada bentuk pesan tertulis.Iklan keluarga banyak dilakukan oleh masyarakat untuk menyatakan sikap tertentu kepada publik sesuai dengan isi pesan iklan yang dibuat. 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar