Jenis-jenis Iklan
Secara Umum
Secara UMUM, jenis iklan berdasarkan media
yang digunakan dapat bagi menjadi dua kategori besar, yaitu iklan dalam media
memiliki ciri-ciri antara lain :
1) Informasi yang disebarkan bersifat serempak
2) Penerima pesan cenderung anonim atau tidak diketahui secara pasti.
3) Dapat menjangkau khalayak secara luas.
Secara
teoritik menurut Bittner ( 1986 ), ada 2 jenis iklan yaitu iklan standar dan
iklan layanan masayrakat. Yang dimaksud dengan iklan standar adalah iklan yang
ditata secara khusus untuk keperluan memperkenalkan barang, jasa, pelayanan
untuk konsumen melalui media periklanan. Tujuan dari iklan yaitu agar penjual
mendapat keuntungan ekonomi dari pembeli. Umumnya iklan ini dibuat oleh
perusahan periklanan secara profesional. Dari pesan-pesan dalam iklan standar
disusun secara mantap baik dalam kalimat, warna, gambar atau pemasangan yang
tepat agar mampu menjangkau jenis khalayak sasaran tertentu sampai dengan
menyebarkannya pada waktu yang sesuai.
Kategori
kedua menurut Bittner ( 1986) adalah iklan layanan masyarakt, yaitu iklan yang
bersifat non-profit. Disebut non-profit karena mencari keuntungan sosial bukan
ekonomi. Keuntungan yang diharapkan dari iklan layanan masyarakat adalah
berusaha membentuk citra baik di tengah
masyrakat. Jadi yang membedakan iklan standar dan iklan layanan masayrakat
adalah terletak pada pada tujuan
keuntungan yang ingin diharapkan. berikut pembagian iklan secara umum:
a)
Iklan
Tanggung Jawab Sosial
Yaitu iklan yang
bertujuan untuk menyebarkan pesan yang bersifat informatif, penerangan,
pendidikan agar membentuk sikap warga sehingga mereka bertanggungjawab terhadap
masalah sosial dan kemasyarakatan tertentu. Iklan ini termasuk iklan anjuran dan iklan penggambaran
sosial, yang dimaksudkan adalah iklan yang pesan-pesannya telah jelas
menganjurkan secara tegas kepada masyarkat tentang suatu tindakan tertentu. Iklan penggambaran
sosial adalah iklan yang pesan-pesannya memberikan gambaran tertentu. Contoh iklan anjuran
ada iklan lalu lintas, membayar listrik, posyandu imunisasi, peduli anak
jalanan. Sedangkan contoh iklan pengambaran sosial yaitu kelangkaan energi
akibat pemakaian energi yang boros, lingkungan yang rusak akibat menebang pohon.
a)
Iklan
Bantahan
Iklan bantahan adalah iklan
yang digunakan untuk
membantah atau melawan atas sesuatu isu yang merugikan dan memperbaiki citra
seseorang, perusahaan atau merek yang tercemar akibat informasi yang tidak
benar. Iklan bantahan sering berkaitan dengan masalah hukum, baik pidana maupun
perdata. Oleh karena itu, iklan ini biasanya dilakukan oleh pihak yang sedang
bersengketa di pengadilan. iklan ini memiliki ciri khas yaitu menempatkan
komunikator sebagai pihak yang teranaiya atau dirugikan oleh pihak lain.
a)
Iklan
Pembelaan
a)
Iklan
perbaikan
Yaitu iklan untuk memperbaiki
pesan-pesan tentang sesuatu hal yang terlanjur salah dan disebarluaskan melalui
media. Iklan ini biasa dilakukan oleh media untuk meralat kesalahan tulis serta
dilakukan oleh panitia atau organisasi penyelenggara kegiatan yang terlanjur
mengumumkan berbagai hal tentang acara tersebut. Iklan ini memiliki sisi
negatif dengan menyampaikan iklan perbaikan, terkesan bahwa pengiklanan tidak
cermat dalam perencanaan tentang sesuatu. Selain itu khalayak yang tidak
memberikan perhatian terhadap sesuatu hal yang diiklankan, akan menjadi
tergugah perhatiannya pada masalah yang diiklankan. Kemungkinan khalayak justru
akan berupaya mencari tahu tentang informasi awal yang salah. Agar publik tifak
bertanya-tanya dengan informasi awal yang salah.
a)
Iklan
Keluarga
Iklan
ini adalah iklan dimana isi pesan-pesannya merupakan sebuah pemberitahuan dari
pengiklanan tentang terjadinya suatu peristiwa kekeluargaan kepada
keluarga/khalayak lainnya. Iklan keluarga biasanya lebih banyak berbentuk kolom
dan display, dan umumnya pula tidak banyak berisi ilustri gambar, namun hanya
menggandalkan pada bentuk pesan tertulis.Iklan keluarga banyak dilakukan oleh
masyarakat untuk menyatakan sikap tertentu kepada publik sesuai dengan isi
pesan iklan yang dibuat.
0 komentar:
Posting Komentar