Jenis-jenis
Iklan Secara Khusus
Secara KHUSUS, berdasarkan media yang
digunakan, iklan dapat dibagi dalam beberapa jenis, antara lain:
1) Berdasarkan
Media yang Digunakan
a) Iklan cetak
yaitu iklan yang dibuat dan dipasang dengan
menggunakan teknik cetak, baik cetak dengan teknologi sederhana maupun
teknologi tinggi. Berbagai teknik cetak yang ada, misalnya dengan prinsip
leterpress, photo lithography, photo gravure, sablon, inkjet, dan laser. Media
yang digunakan dalam teknik cetak tersebut sangat beragam mulai dari kertas,
pelat metal, kulit, plastik, kaca, dan kain. Beberapa bentuk iklan cetak yaitu
: iklan cetak surat kabar, iklan cetak majalah, tabloid, iklan cetak baliho,
iklan cetak poster, iklan leaflet, iklan spanduk, flyers, dan berbagai cetak
lainnya. Berdasarkan luas space yang dipakai, khusus untuk media
cetak, suratkabar, majalah maupun tabloid, iklan-iklan dalam media ini dikenali
dalam tiga bentuk iklan. Ketiga bentuk iklan tersebut disusun berdasarkan “space” (luas millimeter kolom) yang
digunakan.
b) Iklan Baris
Iklan ini sering pula disebut dengan berbagai istilah, yang umumnya
disamakan dengan nama kolom atau rubrik yang digunakan oleh media yang
bersangkutan. Iklan ini disebut dengan ikan baris karena pesan yang dibuat
hanyaterdiri dari beberapa baris kata atau kalimat saja dan biayanya yang
dikenakan dihitung per baris. Barang yang diiklankan dalam iklan baris sangat beragam, meliputi
barang, meliputi barang (misalnya menawarkan motor, mobil, rumah, komputer, dan
sebagainy; iklan jasa menawarkan tentang kursus, bimbingan tes, les privat dan
sebagainya.
c) Iklan Kolom
Iklan kolom merupakan iklan yang memiliki space
terbatas, namun dikenakan biaya pemasangan lebih mahal dibanding iklan baris.
Iklan kolom memiliki lebar satu kolom, namun lebih tinggi disbanding iklan
baris. Biasanya, tinggi iklan disesuaikan dengan kehendak pengiklan. Umumnya
iklan ini digunakan oleh para pengiklan yang hendak menyampaikan cukup banyak
pesan sehingga membutuhkan space yang lebih luas.
d) Iklan
Elektronik
Disebut iklan elektronik, karena media yang digunakan sebagai tempat dipasangnya pesan iklan adalah karena menggunakan media yang berbasis perangkat elektronik. Secara lebih spesifik, iklan elektronik dapat dibagi dalam 4 jenis, yaitu iklan radio; iklan televise; iklan film; serta iklan yang dipasang dalam media jaringan/internet.
e) Iklan Radio
Iklan radio memiliki
karakteristik yang khas, yaitu hanya dapat didengarkan melalui audio saja.
Suara dalam iklan radio yang dimaksud dapat merupakan salah satu atau perpaduan
dari kata-kata,musikl dan sound effect. Kata-kata dalah ucapan yang mengandung
arti yang disampaikan oleh manusia. Voice adalah suara manusia yang teratur,
semacam kata-kata bertutur monolog maupun percakapan atau dialog.
0 komentar:
Posting Komentar