Rabu, 20 November 2019

Jenis Iklan Khusus Berdasarkan Media Yang Digunakan

Jenis-jenis Iklan Secara Khusus
Secara KHUSUS, berdasarkan media yang digunakan, iklan dapat dibagi dalam beberapa jenis, antara lain:
1)      Berdasarkan Media yang Digunakan

a)      Iklan cetak
yaitu iklan yang dibuat dan dipasang dengan menggunakan teknik cetak, baik cetak dengan teknologi sederhana maupun teknologi tinggi. Berbagai teknik cetak yang ada, misalnya dengan prinsip leterpress, photo lithography, photo gravure, sablon, inkjet, dan laser. Media yang digunakan dalam teknik cetak tersebut sangat beragam mulai dari kertas, pelat metal, kulit, plastik, kaca, dan kain. Beberapa bentuk iklan cetak yaitu : iklan cetak surat kabar, iklan cetak majalah, tabloid, iklan cetak baliho, iklan cetak poster, iklan leaflet, iklan spanduk, flyers, dan berbagai cetak lainnya. Berdasarkan luas space yang dipakai, khusus untuk media cetak, suratkabar, majalah maupun tabloid, iklan-iklan dalam media ini dikenali dalam tiga bentuk iklan. Ketiga bentuk iklan tersebut disusun berdasarkan “space” (luas millimeter kolom) yang digunakan.

b)     Iklan Baris
Iklan ini sering pula disebut dengan berbagai istilah, yang umumnya disamakan dengan nama kolom atau rubrik yang digunakan oleh media yang bersangkutan. Iklan ini disebut dengan ikan baris karena pesan yang dibuat hanyaterdiri dari beberapa baris kata atau kalimat saja dan biayanya yang dikenakan dihitung per baris. Barang yang diiklankan dalam iklan baris sangat beragam, meliputi barang, meliputi barang (misalnya menawarkan motor, mobil, rumah, komputer, dan sebagainy; iklan jasa menawarkan tentang kursus, bimbingan tes, les privat dan sebagainya.

c)      Iklan Kolom 
Iklan kolom merupakan iklan yang memiliki space terbatas, namun dikenakan biaya pemasangan lebih mahal dibanding iklan baris. Iklan kolom memiliki lebar satu kolom, namun lebih tinggi disbanding iklan baris. Biasanya, tinggi iklan disesuaikan dengan kehendak pengiklan. Umumnya iklan ini digunakan oleh para pengiklan yang hendak menyampaikan cukup banyak pesan sehingga membutuhkan space yang lebih luas.

d)     Iklan Elektronik

Disebut iklan elektronik, karena media yang digunakan sebagai tempat dipasangnya pesan iklan adalah karena menggunakan media yang berbasis perangkat elektronik. Secara lebih spesifik, iklan elektronik dapat dibagi dalam 4 jenis, yaitu iklan radio; iklan televise; iklan film; serta iklan yang dipasang dalam media jaringan/internet.

e)      Iklan Radio
Iklan radio memiliki karakteristik yang khas, yaitu hanya dapat didengarkan melalui audio saja. Suara dalam iklan radio yang dimaksud dapat merupakan salah satu atau perpaduan dari kata-kata,musikl dan sound effect. Kata-kata dalah ucapan yang mengandung arti yang disampaikan oleh manusia. Voice adalah suara manusia yang teratur, semacam kata-kata bertutur monolog maupun percakapan atau dialog. 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar