Sabtu, 23 November 2019

Pengumpulan Bahan dan Penyuntingan

Pengertian Pengumpulan Bahan
Pengumpulan bahan untuk konten media merupakan pengumpulan berbagai bentuk konten ataupun isi dalam sebuah media baik itu media online, cetak, dan elektronik. Penggunaan konten-konten yang sudah dikumpulkan selanjutnya akan melalui proses penyuntingan. Pada proses ini seluruh konten yang sudah dikumpulkan atau didapatkan akan ditinjau kembali untuk menghasilkan sebuah konten yang lebih baik.

Penyuntingan
Kata dasar sunting melahirkan bentuk turunan menyunting (kata kerja/verba), penyunting (kata benda/nomina), dan penyuntingan (kata benda/nomina) (KBBI, 2001: 1106). Kata menyuntingan bermakna (1) menyiapkan naskah siap cetak atau siap terbit dengan memperhatikan segi sistematika penyajian, isi, dan bahasa (menyangkut ejaan, diksi, dan struktur kalimat); mengedit; (2) merencanakan dan mengarahkan penerbitan (surat kabar, majalah); (3) menyusun atau merakit (film, pita rekaman) dengan cara memotong-motong dan memasang kembali’ (KBBI, 2001:1106).
Kemudian orang yang melakukan pekerjaan menyunting disebut penyunting, yaitu orang yang bertugas menyiapkan naskah (KBBI, 2001:1106). Selanjutnya, kata penyuntingan bermakna proses, cara, perbuatan sunting-menyunting; segala sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan menyunting; pengeditan (KBBI, 2001; 1106). Penyuntingan atau yang lebih dikenal dengan editing pada dasarnya adalah kegiatan memperbaiki tulisan agar menjadi lebih baik di mana penyuntingan dilakukan setelah kegiatan penulisan selesai.
Kegiatan penyuntingan sangat penting dalam kegiatan penulisan karena berguna untuk meningkatkan mutu suatu tulisan. Kegitan penyuntingan naskah juga berperan penting, terutama dalam dunia jurnalistik dan penerbitan. Penyuntingan dalam konten media dilakukan oleh editor, editor memiliki hak untuk menambah dan mengurangi informasi yang akan disampaikan kepada khalayak umum. Penyuntingan dilakukan bukan hanya terhadap tulisan tetapi juga foto, bagan, dan lain-lain.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar