Jumat, 22 November 2019

Jenis Foto dan Fungsi dalam Media

Jenis-jenis Foto dalam Media
Fotografi Jurnalistik Menurut Rahardi (2006, h.84) fotografi  jurnalistik merupakan sebuah foto yang dibuat oleh fotografer (juru foto) atau jurnalis (wartawan) untuk kebutuhan penerbitan pers atau media. Foto jurnalistik mengandung nilai berita yang bersifat faktual (sesuatu yang berdasarkan fakta) dalam suatu peristiwa atau kejadian. Foto jurnalistik tidak harus dibuat oleh seorang jurnalis profesional, terkadang foto jurnalistik juga dapat dibuat oleh orang biasa yang kebetulan hadir di tempat peristiwa dan sedang membawa kamera foto.
-           Fotografi Desain Yuliadewi (1999, h.7) menjelaskan bahwa fotografi desain sangat berkaitan erat dengan desain komunikasi visual. Foto desain digunakan untuk membantu proses komunikasi, menggambarkan suatu keadaan, dan menunjang sebuah produk. Foto jenis ini dibuat berdasarkan suatu konsep desain untuk mencapai suatu tujuan sesuai dengan keinginan desainer.
Fungsi Foto dalam Media
Foto memiliki lima fungsi seperti yang dinyatakan oleh penulis Journalism in America, an introduction to the new media, Thomas Elliot Berry. Pertama, untuk mengkomunikasikan berita (to communicate the news), foto sering memiliki arti yang sangat penting dalam penyampaian berita. Ia terkadang menyempurnakan suatu berita, dimana tanpa kehadiran foto, berita tersebut akan terasa hambar. Kedua, fungsi foto adalah menimbulkan minat (to generate interest). ketiga, foto jurnalistik berfungsi untuk menonjolkan dimensi lain dari sebuah objek pemotretan yang dipublikasikan (to give another dimension to a newsworthy figure). Keempat foto berfungsi untuk meningkatkan berita (sisi kualitas pemberitaan) tanpa mengurangi arti berita, dan terakhir, foto dimanfaatkan untuk keperluan tata rias/perwajahan surat kabar dan majalah secara garis besar
Share:

0 komentar:

Posting Komentar