Rabu, 27 November 2019

Pengertian Tajuk Rencana dan Penyuntingan



Pengertian Penyusunan Tajuk rencana dan penyuntingan.
Tajuk rencana adalah artikel pokok dalam surat kabar yang merupakan pandangan redaksi terhadap peristiwa yang sedang menjadi pembicaraan pada saat surat kabar itu diterbitkan. Dalam tajuk rencana biasanya diungkapkan adanya informasi atau masalah aktual, penegasan pentingnya masalah, opini redaksi tentang masalah tersebut, kritik dan saran atas permasalahan, dan harapan redaksi akan peran serta pembaca
Pengertian Penyusunan Tajuk rencana
Penyusunan, prosedur, atau langkah-langkah dalam menyusun dan membuat sebuah tajuk rencana. Sedangkan tajuk rencana merupakan kolom dalam surat kabar atau majalah yang mengungkapkan opini redaksi terhadap suatu permasalahan yang sedang hangat dibicarakan atau menonjol pada saat media itu terbit.
Penyuntingan
Kata dasar sunting melahirkan bentuk turunan menyunting (kata kerja/verba), penyunting (kata benda/nomina), dan penyuntingan (kata benda/nomina) (KBBI, 2001: 1106). Kata menyuntingan bermakna (1) menyiapkan naskah siap cetak atau siap terbit dengan memperhatikan segi sistematika penyajian, isi, dan bahasa (menyangkut ejaan, diksi, dan struktur kalimat); mengedit; (2) merencanakan dan mengarahkan penerbitan (surat kabar, majalah); (3) menyusun atau merakit (film, pita rekaman) dengan cara memotong-motong dan memasang kembali’ (KBBI, 2001:1106).
Kemudian orang yang melakukan pekerjaan menyunting disebut penyunting, yaitu orang yang bertugas menyiapkan naskah (KBBI, 2001:1106). Selanjutnya, kata penyuntingan bermakna proses, cara, perbuatan sunting-menyunting; segala sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan menyunting; pengeditan (KBBI, 2001; 1106). Penyuntingan atau yang lebih dikenal dengan editing pada dasarnya adalah kegiatan memperbaiki tulisan agar menjadi lebih baik di mana penyuntingan dilakukan setelah kegiatan penulisan selesai.
Kegiatan penyuntingan sangat penting dalam kegiatan penulisan karena berguna untuk meningkatkan mutu suatu tulisan. Kegitan penyuntingan naskah juga berperan penting, terutama dalam dunia jurnalistik dan penerbitan. Penyuntingan dalam konten media dilakukan oleh editor, editor memiliki hak untuk menambah dan mengurangi informasi yang akan disampaikan kepada khalayak umum. Penyuntingan dilakukan bukan hanya terhadap tulisan tetapi juga foto, bagan, dan lain-lain.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar