Jumat, 08 November 2019

Media Online (Internet)



Media internet merupakan sebuah  media komunikasi yang penggunaan atau pemanfaatannya harus menggunakan sambungan internet. Karena itu, media internet atau media online tergolong sebuah media yang bersifat khas atau unik. Keunikannya tersebut terletak pada keharusan untuk memiliki jaringan teknologi informasi dengan menggunakan perangkat komputer. Media internet atau online ini baru ada belum terlalu lama, dan memiliki pertumbuhan yang sangat spektakuler dan cepat. Perkembangannya ini bahkan hamper dirasakan oleh seluruh masyarakat di dunia ini. Sehingga masyarakat sudah tidak asing lagi dengan kata internet.  Bagi sebagian orang internet atau media online ini menjadi  alternatif  dalam mengakses dan memperoleh informasi dan berita.
Media internet atau online ini memiliki karakteristik, diantaranya yang pertama karakteristik media online yang paling mencolok dibandingkan dengan media konvensional. Peristiwa atau kejadian di lapangan dapat langsung diupload dalam hitungan detik atau menit. Tidak seperti media cetak yang membutuhkan waktu lebih lama dalam hal publikasinya. Kedua penyampaian informasi di media online dapat dilakukan secara realtime dan terus menerus. Ketika ada pembaruan/ update informasi terkait informas lama, maka dapat dilakukan perubahan. Proses pembaruan/ update ini dapat dilakukan secara realtime.
Penggunaan media online  memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang harus disikapi dengan bijak oleh para penggunanya. Berikut beberapa kelebihan dari media online yaitu, proses penyebaran informasi sangat cepat, informasi atau data lama dapat dibuka kembali dengan mudah sewaktu-waktu, bentuk konten yang disampaikan sangat beragam, yaitu teks, image, audio, video, dapat diakses dengan mudah dari mana saja dan kapan saja, serta penggunaannya praktis dan fleksibel, para pengguna media online dapat saling berinteraksi.Sedangkan beberapa kekurangan dari media online yaitu, Informasi yang dimuat tidak selalu akurat dan kurang lengkap karena lebih mengutamakan aktualisasi, pengguna harus memiliki perangkat yang mendukung dan koneksi internet yang stabil, penggunaan media online dalam jangka panjang bisa menyebabkan mata lelah dan gangguan kesehatan mata.
Seiring berjalannya waktu, media internet sudah dianggap sebagai sarana yang paling efektif dalam menerbitkan siaran pers bagi pengirim berita baik secara individu maupun institusi. Contohnya para pengelola kampus yang menggunakan blog atau weblog untuk sarana penunjang pendidikan.  Bahkan, kehadiran Blog sudah tidak terhitung lagi jumlahnya. Namun, blog belum bisa sepenuhnya dikatakan sebagai kegiatan kejurnalistikan karena perlu proses yang signifikan untuk menmyatakan blog adalah jurnalistik online.  Tidak semua blog berisikan laporan jurnalistik yang bermutu, namun ada laporan jurnalistik yang bermutu yang berjudul Senior Editor Online Jurnalism Review. J.D Lasica pernah menulis bahwa blog merupakan salah satu bentuk jurnalistik dan bisa dijadikan sumber untuk berita dalam bukunya yang berjudul Pikiran Rakyat edisi Senin, 07 febuari 2005. Bagi remaja, media online sudah menjadi bagian dari gaya hidup mereka. Karena selain menyediakan berbagai informasi yang ada di dunia ini, media internet juga sebagai tempat para remaja mencari relasi atau pertemanan.  Bahkan seseorang mampu tercatat sebagai mahasiswa atau mengikuti kuliah jarak jauh pada universitas terkenal di suatu negara tanpa ia pernah mengunjungi Negara dimana universitas itu berada.
Generasi yang lahir di atas tahun 1990 merupakan generasi  digital native. Generasi ini merupakan generasi yang sejak dini sudah diperkenalkan dengan teknologi media terkini atau sudah terpapat media baru.  Sehingga pola piker mereka banyak terpemngaruh oleh media sosial ini. Generasi ini lebih memilih media internet sebagai satu-satunya sumber informasi dibandingkan dengan media cetak dan media elektronik. Selain itu, generasi ini lebih senang bersosialisasi lewat jejaring social yang mudah untuk diunduh.  Dengan kata lain, generasi native ini merupakan generasi yang diuntungkan dengan kemudahan teknologi informasi dan komunikasi seperti sekarang ini.Banyak survey yang dilakukan oleh beberapa pakar terkait semakin populernya penggunaan media online. Dari survey yang ada, media online  menempati posisi tertinggi sebagai sumber informasi terpercaya bagi para pebisnis di Indonesia. Mengalahkan media massa lain.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar