Rabu, 13 November 2019

Klasifikasi Berita



Klasifikasi Berita pada Media Online
Media Online adalah media atau saluran komunikasi yang tersaji secara online di situs web (website) internet. Media online tersebut juga media daring, media digital, media internet, dan media siber (cyber media). Media online berupa situs berita bisa diklasifikasikan menjadi 4 kategori, yaitu:


1)      Situs berita berupa (edisi online), dari media cetak surat kabar atau majalah.
Contoh: Republika Online, Kompas Cyber Media
2)      Situs berita berupa (edisi online), dari media penyiaran radio,
3)      Situs berita berupa (online murni), berita yang tidak menyediakan edisi cetak.
Contoh: Detik, Okezone, Viva News, Antara News
4)      Situs berupa (indeks berita), berita yang hanya memuat link-link dari situs berita lain. Dari sisi pemilik atau publisher, jenis-jenis website dapat digolongkan menjadi lima jenis, yaitu:
a.       Website lembaga pers atau penyiaran,
b.      Website lembaga bisnis atau perusahaan,
c.       Website kepentingan kelompok,
d.      Website Pemerintahan,
e.       Website (blog)

Klasifikasi Berita pada Media Elektronik
Media elektronik adalah media yang menggunakan elektonik seperti televisi, dan radio. Dengan adanya media elektronik kita bisa mendapat imformasi. Infomasi menjadi suatu hal yang dibutuhkan seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Salah satu sumber informasi tersebut adalah berita elektronik. Suatu berita elektronik mengklasifikasi artikel-artikel berita ke dalam kategori dan memiliki karakteristik bersifat up-to-date. Oleh karena itu, ajakan terdapat banyak dokumen elektonik yang perlu diklasifikasikan setiap harinya. Media elektronik memiliki karakteristinya yaitu :
1.      Bersifat langsung dan nyata, serta dapat menyajikan kejadian yang sebenarnya.
2.      Memperluas tinjauan kelas, melintasi berbagai daerah atau berbagai negara.
3.      Dapat menciptakan kembali peristiwa lampau
4.      Banyak mempergunakan sumber masyarakat
5.      Menarik minat anak
Pengklasifikasian dilakukan untuk mempermudah penggunaan mengakses dokumen tersebut. Dengan demikian, proses pengklasifikasian menjadi sulit dilakukan dan memerlukan waktu. Penggolangan media elektronik dalam berita yaitu :
1.      Media Ektronik Radio
Radio adalah media audio yang sifatnya atraktif. Maksudnya adalah media ini mengandalkan indra pendengaran untuk menarik audiens. Karenanya berita dengan media radio hanya dapat didengarkan, maka jenis berita ini memiliki karakteristik tersendiri. Salah satunya adalah jenis-jenis audio atau suara yang ada di dalamnya. Berita yang ada pada radio yaitu, ,
a.       Soft news
Berita ringan adalah merupakan berita tentang kejadian yang bersifat lanjutan dari beritalangsung. Ia mencoba mengeksplorasi lebih jauh fakta yang menjawab pertanyaan mengapa dan bagaimana dalam berita langsung.
b.      Berita tulis
Berita pendek yang bersumber dari media lain atau ditulis ulang. Bisa pula berupa liputanreporter yang teksnya diolah kembali di studio.
c.       Buletin berita
Gabungan beberapa berita pendek yang disajikan dalam satu blok waktu
2.      Media Elektronik Televisi
Televisi juga dapat menunjukkan konten visual. Dengan demikian, konten berita yang disiarkan atau ditayangkan melalui media televisi menggabungkan baik audio dan visual, dan bahkan gerak. Hasilnya tentu merupakan konten berita yang sangat menarik dan mudah mencuri perhatian masyarakat. Berdasarkan Stasiun Televisi TVRI klasifikasi berita dibagi menjadi 3 yaitu :
a. Berita harian
b.Berita Berkala
c. Berita Informasi Penerangan
                          Dalam berita televisi menggunakan bahasa:
a)      Sederhana tidak bercampur-aduk dengan kata- kata yang kurang dikenal oleh penonton
b)      Kalimat- kalimatnya hendaknya pendek, langsung kepada sasaran dan tidak berbelit-belit
c)      Hindari pemakaian kalimat terbalik


Klasifikasi Berita pada Media Cetak
            Berita pada media cetak cenderung lebih terperinci dibandingkan dengan media-media yang lain, karena penjelasan-penjelasannya dapat ditulis dengan rinci, dibandingkan radio ataupun tv yang lebih mementingkan durasi. Salah satu kekurangan Koran adalah beritanya tidak dapat dikonfirmasi bila ada kesalahan pada waktu itu juga, karena medianya yang melalui media cetak, sehingga info-info terbaru harus dicantumkan pada terbitan esok harinya.
1.      Soft News
            Soft News adalah salah satu jenis berita Straight News, yaitu berita yang ditulis secara ringkas, lugas, apa adanya, dan biasanya berisi informasi tentang peristiwa yang sedang hangat dibicarakan, atau informasi terkini mengenai suatu hal / peristiwa.  Soft News merupakan berita terbaru dan merupakan berita yang sedang hangat dibicarakan oleh banyak orang. Soft news tidak seperti hard news yang langsung dipublikasikan pada saat itu juga, melainkan bisa satu atau dua hari ke depan.

2.      Opinion News
            Opinion News merupakan berita yang berisi opini tentang suatu peristiwa hangat yang sedang terjadi. Berita ini biasanya bersumber dari pendapat pengamat atau ahli mengenai isu, masalah, atau peristiwa yang diangka tersebut. Selain pengamat, sumber opini juga dapat diambil dari pendapat yang diutarakan oleh mahasiswa ataupun masyarakat umum. Dalam mengutarakan opininya, seseorang harus mengerti topik yang akan diberikan opini.

3.      Interpretative News
            Interpretative news merupakan pengembangan dari straight news. Interpretative news meruapakan berita langsung yang dilengkapi dengan tambahan informasi seperti pendapat atau penelitian yang dilakukan oleh penulisnya. Informasi tambahan tersebut bisa berupa data-data yang terkait, latar belakang peristiwa, atau hasil wawancara dengan pengamat, atau ahli. Namun pengembangan berita jenis ini lebih menekankan kepada fakta daripada opini.

4.      Depth news
            Depth news atau berita mendalam menyajikan berita yang berisi ulasan mendalam mengenai suatu peristiwa. Biasanya berita jenis ini akan lebih menonjolkan informasi mengenai ‘bagaimana’ dan ‘mengapa’ peristiwa ini terjadi. Mengapa terjadi, apa penyebabnya, bagaimana prosesnya, bagaimana dampaknya, apa yang harus dilakukan untuk kedepannya.

5.      Investigation News
Investigation News  adalah suatu bentuk peliputan berdasarkan inisiatif dan hasil kerja seseorang tentang masalah-masalah penting yang dirahasiakan seorang atau organisasi. Penting untuk kamu ketahui, jika kamu ingin membuat investigation news, kamu harus melakukan penyelidikan. Karena unsur utama dari investigation news adalah penyelidikan.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar