Selasa, 05 November 2019

Hakikat Media Massa



Media massa adalah alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari sumber (komunikator) kepada khalayak dengan menggunakan alat-alat komunikasi mekanis, sepertisurat kabar, radio, televisi, dan film dan internet. Dalam menyampaikan informasi dan berita diperukan media untuk menyalurkan informasi kepada masyarakat secara massal. Perkembangan media massa ini sangat pesat, salah satunya adalah media massa online. Adaya media massa online masyarakat jadi mudah dalam memperoleh informasi secara cepat dan mudah diakses. Media massa saat ini merupakan kebutuhan dalam mendukung sebuah informasi masyarakat. McQuaill dalam bukunya Mass Communication Theories (1989), menyatakan ada enam perspektif tentang peran media massa dalam konteks masyarakat modern, yaitu sebagai berikut:
1.      Media sebagai sarana belajar untuk mengetahui berbagai informasi yang tersedia.
2.      Media massa adalah refleksi fakta, terlepas dari rasa suka dan tidak suka.
3.      Media massa sebagai filter untuk menyeleksi berbagai informasi.
4.      Media massa sebagai penunjuk arah dan alternatif yang beragam.
5.      Media massa sebagai sarana untuk mensosialisasikan berbagai informasi dan ideuntuk memberi tanggapan/umpan balik.
6.      Media massa sebagai interkulator, tidak sekedar tempat “lalu lalang” informasitetapi menjadi media interaktif.
Media massa memberikan informasi tentang perubahan, bagaimana hal itu bekerja dan hasil yang dicapai. Fungsi utama media massa adalah untuk  memberikan informasi pada kepentingan yang menyebarluas dan mengiklankan produk. Ciri khas dari media massa, yaitu tidak ditujukan kepada kontak perseorangan, mudah didapatkan, isi merupakan hal umum dan merupakan komunikasi satu arah.


Sementara Onong Uchjana Effendy (1999) fungsi yang melekat pada jurnalistik sebagai berikut.
1.      Fungsi menyiarkan informasi
Pembaca beranganan koran, karena memerlukan informasi mengenai kejadianatau peristiwa yang terjadi, gagasan atau pikiran orang lain, apa yang dikatakanorang lain.
2.      Fungsi medidik
Media cetak yang memuat tulisan-tulisan yang mengandung pengetahuan, danmedia elektronik yang menayangkan program acara mendidik yangmengandung unsur pendidikan.
3.      Fungsi menghibur
Hal-hal yang bersifiat hiburan mengimbangi surat kabar dan majalah untukmengimbangi berita-berita berat dan artikel yang berbobot.
4.      Fungsi memengaruhi
Jurnalistik merupakan sarana untuk memengaruhi pendapat dan pikiran oranglain tentang fakta dan peristiwa.


Karakteristik media massa (Cangara, 2010: 126-127), antara lain:
1.      Bersifat melembaga, artinya pihak yang mengelola media terdiri dari banyak orang, yakni mulai dari pengumpulan, pengelolaan sampai pada penyajian informasi.
2.      Bersifat satu arah, artinya komunikasi yang dilakukan kurang memungkin akan terjadinya dialog antara pengirim dan penerima. Kalaupun terjadi reaksi atau umpan balik, biasanya memerlukan waktu tertunda.
3.      Meluas dan serempak, artinya dapat mengatasi rintangan waktu dan jarak,karena ia memiliki kecepatan. Bergerak secara luas dan simultan, informasiyang dapat disampaikan dan diterima oleh banyak orang pada saat yang sama.
4.      Bersifat terbuka, artinya pesannya dapat diterima oleh siapa saja dan di manasaja tanpa mengenal usia, jenis kelamin, dan suku bangsa.


Jurnalistik memiliki empat fungsi yang melekat pada setiap medium jurnalistik, yaitu sebagai berikut:
1.      To infrom (untuk menginformasikan)
Jurnalistik sebagai sarana untuk memberikan informasi kepada khalayak informasi berupa fakta dan peristiwa yang terjadi disekitar kita.
2.      To interpret (untuk mengintepretasikan)
Jurnalistik sebagai sarana untuk memberikan tafsiran dan interpretasi terhadap fakta dan peristiwa yang terjadi sehingga khalayak dapat memahami dampak dan konsekuensi dari berita yang akan disajikan.
3.      To guide (untuk mengarahkan)
Jurnalistik sebagai acuan untuk mengarahkan dan memberi petunjuk dalam menyikapi fakta peristiwa yang terjadi. Sehingga mampu menjadikan pedoman untuk memberi komentar, pendapat, opini, atau dalam mengambil keputusan.
4.      To entertain (untuk menghibur)
Junalistik sebagai sarana untuk menghibur, menyegarkan, dan menyenangkan khalayak untuk menyajikan informasi yang ringan dan rileks sesuai dengan kebutuhan.


Fungsi lain dari media massa:
1.      Untuk mediasi (to mediate)
Jurnalistik sebagai alat mediasi atau penghubung dalam mempertemukan ketidakpahaman antara fakta dan peristiwa yang terjadi.
2.      Untuk mempromosikan (to promote)
Sebagai promosi keunggulan atau kelebihan dari suatu produk agar dapat dipahami oleh khalayak umum.
3.      Manipulasi lingkungan
Untuk memengaruhi khalayak, biasanya fungsi ini melekat pada iklan di media massa.
4.      Proses Pengembangan Mental
Manusia yang menikmati aktivitas jurnalistik, baik berupa berita maupun opini menambahkan pengetahuan dan intelektual.
5.      Adaptasi Lingkungan
Produk jurnalistik dapat membantu manusia dalam proses penyesuaian melalui penyimpanan informasi dari media cetak dan media elektronik.



Share:

0 komentar:

Posting Komentar