Media massa adalah alat yang digunakan untuk menyampaikan
pesan dari sumber (komunikator) kepada khalayak dengan menggunakan alat-alat
komunikasi mekanis, sepertisurat kabar, radio, televisi, dan film dan internet. Dalam menyampaikan informasi
dan berita diperukan media untuk menyalurkan informasi kepada masyarakat secara
massal. Perkembangan media massa ini sangat pesat, salah satunya adalah media
massa online. Adaya media massa online masyarakat jadi mudah dalam memperoleh
informasi secara cepat dan mudah diakses. Media massa saat ini merupakan
kebutuhan dalam mendukung sebuah informasi masyarakat. McQuaill dalam bukunya Mass Communication Theories (1989),
menyatakan ada enam perspektif tentang peran media massa dalam konteks
masyarakat modern, yaitu sebagai berikut:
1.
Media sebagai sarana belajar untuk
mengetahui berbagai informasi yang tersedia.
2.
Media massa adalah
refleksi fakta, terlepas dari rasa suka dan tidak suka.
3.
Media massa sebagai
filter untuk menyeleksi berbagai informasi.
4.
Media massa sebagai
penunjuk arah dan alternatif yang beragam.
5.
Media massa sebagai
sarana untuk mensosialisasikan berbagai informasi dan ideuntuk memberi
tanggapan/umpan balik.
6.
Media massa sebagai
interkulator, tidak sekedar tempat “lalu lalang” informasitetapi menjadi media
interaktif.
Media massa memberikan informasi tentang perubahan,
bagaimana hal itu bekerja dan hasil yang dicapai. Fungsi utama media massa
adalah untuk memberikan informasi pada
kepentingan yang menyebarluas dan mengiklankan produk. Ciri khas dari media
massa, yaitu tidak ditujukan kepada kontak perseorangan, mudah didapatkan, isi
merupakan hal umum dan merupakan komunikasi satu arah.
Sementara Onong Uchjana Effendy (1999) fungsi
yang melekat pada jurnalistik sebagai berikut.
1.
Fungsi menyiarkan informasi
Pembaca beranganan koran, karena memerlukan informasi
mengenai kejadianatau peristiwa yang terjadi, gagasan atau pikiran orang lain,
apa yang dikatakanorang lain.
2.
Fungsi medidik
Media cetak yang memuat tulisan-tulisan yang mengandung
pengetahuan, danmedia elektronik yang menayangkan program acara mendidik
yangmengandung unsur pendidikan.
3.
Fungsi menghibur
Hal-hal yang bersifiat hiburan mengimbangi surat kabar dan
majalah untukmengimbangi berita-berita berat dan artikel yang berbobot.
4.
Fungsi memengaruhi
Jurnalistik merupakan sarana untuk memengaruhi pendapat dan
pikiran oranglain tentang fakta dan peristiwa.
Karakteristik
media massa (Cangara, 2010: 126-127), antara lain:
1.
Bersifat melembaga,
artinya pihak yang mengelola media terdiri dari banyak orang, yakni
mulai dari pengumpulan, pengelolaan sampai pada penyajian informasi.
2.
Bersifat satu arah,
artinya komunikasi yang dilakukan kurang memungkin akan terjadinya
dialog antara pengirim dan penerima. Kalaupun terjadi reaksi atau umpan
balik, biasanya memerlukan waktu tertunda.
3.
Meluas dan serempak,
artinya dapat mengatasi rintangan waktu dan jarak,karena ia memiliki kecepatan.
Bergerak secara luas dan simultan, informasiyang dapat disampaikan dan diterima
oleh banyak orang pada saat yang sama.
4.
Bersifat terbuka,
artinya pesannya dapat diterima oleh siapa saja dan di manasaja tanpa mengenal
usia, jenis kelamin, dan suku bangsa.
Jurnalistik memiliki empat fungsi yang melekat pada setiap
medium jurnalistik, yaitu sebagai berikut:
1.
To infrom (untuk
menginformasikan)
Jurnalistik sebagai sarana
untuk memberikan informasi kepada khalayak informasi berupa fakta dan peristiwa
yang terjadi disekitar kita.
2.
To interpret (untuk
mengintepretasikan)
Jurnalistik sebagai sarana
untuk memberikan tafsiran dan interpretasi terhadap fakta dan peristiwa yang
terjadi sehingga khalayak dapat memahami dampak dan konsekuensi dari berita
yang akan disajikan.
3.
To guide (untuk
mengarahkan)
Jurnalistik sebagai acuan
untuk mengarahkan dan memberi petunjuk dalam menyikapi fakta peristiwa yang
terjadi. Sehingga mampu menjadikan pedoman untuk memberi komentar, pendapat,
opini, atau dalam mengambil keputusan.
4.
To entertain (untuk
menghibur)
Junalistik sebagai sarana
untuk menghibur, menyegarkan, dan menyenangkan khalayak untuk menyajikan
informasi yang ringan dan rileks sesuai dengan kebutuhan.
Fungsi lain dari media massa:
1.
Untuk mediasi (to mediate)
Jurnalistik sebagai alat mediasi atau
penghubung dalam mempertemukan ketidakpahaman antara fakta dan peristiwa yang
terjadi.
2.
Untuk mempromosikan (to promote)
Sebagai promosi keunggulan atau
kelebihan dari suatu produk agar dapat dipahami oleh khalayak umum.
3.
Manipulasi lingkungan
Untuk memengaruhi khalayak, biasanya
fungsi ini melekat pada iklan di media massa.
4.
Proses Pengembangan Mental
Manusia yang menikmati aktivitas
jurnalistik, baik berupa berita maupun opini menambahkan pengetahuan dan
intelektual.
5.
Adaptasi Lingkungan
Produk jurnalistik dapat membantu
manusia dalam proses penyesuaian melalui penyimpanan informasi dari media cetak
dan media elektronik.
0 komentar:
Posting Komentar